RPP IPA menarik untuk anak SD/MI Kelas 2 Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2
Sidoluhur
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : II/ I
Alokasi Waktu :
1 x 30 menit
Hari/ Tanggal : Rabu/ 10 Januari 2018
Oleh
RINA
DEVIYANTI
1512701
FAKULTAS
TARBIYAH PROGRAM STUDI PGMI V
INSTITUT
AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA (IAINU)
KEBUMEN
2018
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2
Sidoluhur
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : II/ I
Alokasi Waktu :
1 x 30 menit
Hari/ Tanggal :
I.
STANDART
KOMPETENSI
1. Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
II.
KOMPETENSI DASAR
1.3 Mengidentifikasi berbagai
tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya).
III.
INDIKATOR
1.3.1 mengidentifikasi tempat hidup hewan.
1.3.2 mengelompokkan hewan yang hidup di air.
1.3.3 mengelompokkan hewan yang hidup di darat.
1.3.4 mengelompokkan hewan yang hidup dan air.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca
buku sumber tentang tempat hidup, siswa dapat mengidentifikasi tempat hidup
hewan dengan benar.
2.
Dengan
memperhatikan penjelasan guru dan tanya jawab tentang tempat hidup, siswa dapat mengelompokkan
hewan yang hidup di darat dengan benar.
3.
Dengan penugasan
tentang tempat hidup, siswa dapat mencontohkan hewan yang hidup di air dan
darat dengan benar.
V.
KARAKTER YANG
DIHARAPKAN
1. Dengan
membaca buku sumber dan penjelasan guru siswa memiliki karakter teliti dan rasa
ingin tahu.
2. Dengan
bertanya jawab siswa memiliki karakter percaya diri.
3.
Melalui penugasan
memiliki karakte siswa diharapkan memiliki karakter berani, tanggung jawab dan
kreatif.
VI.
MATERI
PEMBELAJARAN
-
Tempat
hidup hewan
Tempat hidup hewan bermacam-macam ada hewan yang hidup di darat
contohnya ayam, kucing dan kambing, sapi, kuda, gajah dan banyak lagi. Ada
hewan yang hidup di air contohnya berbagai jenis ikan dan udang, paus dan hiu
juga hidup di air. Ada hewan yang hidup di dua tempat yaitu di darat dan di air
contohnya katak dan buaya.
VII.
METODE DAN MEDIA
1. Penugasan
2. Ceramah
3. Tanya
Jawab
VIII.
LANGKAH- LANGKAH
PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1.
|
Pendahuluan
-
Guru mengucapkan salam
“
Assalamualaikum.wr.wb”
-
Guru menata kelas dan
mengkondisikannya.
-
Berdoa
“Anak- anak
sebelum memulai pelajaran pada pagi hari ini marilah kita berdoa terlebih
dahulu, silakan ketua kelas memimpin doa”.
-
Mendata Kehadiran Siswa
“ Hari ini
siapa yang tidak masuk?(kenapa)”
a.
Apersepsi
“kemarin kita
telah membahas pertumbuhan hewan, masih ingat? Nah, sekarang kita akan
membahas tempat hidup hewan, siapakah yang tahu tempat hidup hewan dimana aja?”,
coba dimana?.
b.
Tujuan
“Setelah
belajar bersama hari ini, kalian dapat mengelompokkan
tempat hidup hewan serta mampu menerapkan pada kehidupan sehari-hari
yaitu bisa menempatkan tempat hidup hewan sesuai tempatnya”.
c.
Cakupan Materi
-
Tempat hidup hewan
|
5 menit
|
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
-
Siswa melihat daerah di
sekitar, lalu menyebutkan hewan yang dilihat.
-
Tanya jawab tentang tempat hidup
hewan yang ada dirumah.
b.
Elaborasi
-
Siswa membaca buku sumber,
tentang tempat hidup hewan, contoh hewan serta macam tempat hidupnya.
-
Tanya jawab tentang tempat
hidup hewan yang ada di lingkungan rumah.
-
Siswa menggolongkan hewan
sesuai dengan tempat hidupnya lalu
siswa diberi tugas untuk menuliskan nama-nama hewan sesuai yang di
instruksikan yang hewan yang hidup di air, di darat dan darat & air, lalu
dikumpulkan kedepan serta di kocok sesuai instruksi maju satu-satu untuk
mengambil kocokan.
c.
Konfirmasi
-
Siswa diberi umpan balik dan
penguatan terhadap hasil pembelajaran.
-
Siswa diberi kesempatan untuk
menanyakan materi yang dianggap kurang paham.
-
Siswa yang kurang berhasil
diberi motivasi dalam memahami pelajaran.
|
20 menit
|
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Penugasan
|
3.
|
Penutup
a.
Merangkum atau Membuat
Kesimpulan
-
“Nah, anak- anak hari ini kita telah belajar
tentang tempat hidup hewan seperti di air, di darat , di darat dan air”.
b.
Melakukan Evaluasi
“Anak-
anak nanti ibu beri soal dan tolong dikerjakan di rumah”.
c.
Melakukan Umpan Balik terhadap
Proses dan Hasil
d.
“Coba siapa yang ingat apa saja
contoh hewan yang hidup di air?”
e.
Tindak Lanjut
Bagi
siswa yang hasil pekerjaannya atau evaluasinya kurang dari KKM akan diadakan
remidi.
f.
Bagi siswa yang hasil
pekerjaannya atau evaluasinya sudah memenuhi KKM maka akan diberi pengayaan.
g.
Menyampaikan Materi yang Akan
Datang.
“Untuk
pertemuan yang akan datang ibu akan menerangkan tempat hidup tumbuhan, jadi dirumah kalian bertanya sama ibu dan
ayah atau melihat tumbuhan yang ada disekitar.
h.
Guru dan Siswa Bersama- sama
Mengakhiri Pelajaran.
“Marilah
kita tutup pelajaran hari ini dengan bacaan hamdallah bersama
Alhamdulillahirobbil’alamin”
i.
Salam Penutup
“Wassalamualaikum.
Wr.wb”
|
5
menit
|
Tanya
jawab
|
IX.
SUMBER
PEMBELAJARAN
Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI
Kelas 2 karangan Sri Purwati, Pama L., Dwi K., Ambar, Eitriasari, Jakarta:
Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional 2008.
X.
PENILAIAN DAN
TINDAK LANJUT
A. Penilaian
1. Sistem
Penilaian
a. Prosedur : Post Test
b. Teknis
Jenis Penilaian : Tertulis
c. Bentuk
Penilaian : Objektif
2.
Indikator
Penilaian
No
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Mengidentifikasi
tempat hidup hewan
|
Tertulis
|
Objektif
|
Terlampir
|
2.
|
Mengelompokkan
hewan yang hidup di air
|
Tertulis
|
Objektif
|
Terlampir
|
3.
|
Mengelompokkan
hewan yang hidup di darat
|
Tertulis
|
Objektif
|
Terlampir
|
4.
|
Mengelompokkan
hewan yang hidup di darat dan di air
|
|
|
|
B. Tindak
Lanjut
a.
Kegiatan remidi
dilaksanakan apabila nilai evaluasi siswa tentang tempat hidup hewan kurang
dari 70 (<70).
b.
Kegiatan
pengayaan dilaksanakan apabila nilai evaluasi siswa tentang tempat hidup hewan lebih
atau sama dengan 70 (≥70)
c.
Analisis hasil
dapat dilakukan pada waktu akhir pembelajaran atau setelah pembelajaran selesai
dan pelaksanaan tindak lanjut yaitu remidi berupa pemberian tugas dan pengayaan
berupa materi selanjutnya.
Kebumen,
10 Januari 2018
Dosen Pembimbing, Praktikan,
Drs. H. Ari Tasiman, M.Pd. Rina Deviyanti
NIDN. 2112075401 NIM.
1512701
Lampiran
1. Silabus
2. Materi
3. Lembar
Evaluasi
4. Lembar
Jawab
5. Kunci
Jawaban
6. Lembar
Pengamatan Penilaian Proses
7. Lirik
Lagu “Ikrar Kita”
8. Lembar
Saran
MADRASAH
IBTIDAIYAH NEGERI 2 SIDOLUHUR
AMBAL,
KEBUMEN
Alamat : Jl. Sidoluhur,
Ambal
A. Berilah
tanda silang (x) pada huruf a, b atau c pada jawaban yang benar !
1. Tempat
hidup hewan dibagi menjadi…
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
2. Dimana
tempat hidup binatang kambing…
a. udara
b. air
c. darat
3. Yang
termasuk contoh binatang yang hidup di darat…
a. buaya
b. paus
c. sapi
4. Binatang
yang hidup di air contohnya…
a. harimau
b. katak
c. ikan
5. katak
tempat hidupnya di…
a. air
b. darat
dan air
c. darat
B. Istilah
dengan jawaban yang benar!
1. Sebutkan
tempat hidup hewan dimana saja...
2. Berilah
tiga contoh hewan yang hidup di air...
3. Hewan
yang bisa hidup di dua tempat namanya...
4. Sebutkan
hewan yang ada lingkunganmu...
5. Ada
berapa tempat hidup hewan ....
MADRASAH
IBTIDAIYAH NEGERI 2 SIDOLUHUR
AMBAL,
KEBUMEN
Alamat : Jl. Sidoluhur,
Ambal
LEMBAR
JAWABAN
Nama :
Kelas/
Semester :
Mata
pelajaran :
A. Pilihan
Ganda
1.
a b c
2.
a b c
3.
a b c
4.
a b c
5.
a b c
B. Essay
1.
..................................................................................
2.
..................................................................................
3.
..................................................................................
4.
..................................................................................
5.
..................................................................................
MADRASAH
IBTIDAIYAH NEGERI 2 SIDOLUHUR
AMBAL,
KEBUMEN
Alamat : Jl. Sidoluhur,
Ambal
KUNCI JAWABAN
A.
1. C
2. C
3. C
4. C
5. B
B.
1. darat, air dan darat & air
2. Paus, Hiu dan lele
3. amvibi
4. bebas/hewan
5. tiga
SKOR
NILAI
Skor A = 5 x 2 = 10
Skor B = 5 x 5 = 25
|
Skor Maksimal
= 35
|
Nilai
= Skor Perolehan x 100
Skor maksimal
|
DAFTAR
SKOR HASIL
No
|
konten
|
Skor
|
Keterangan
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
LEMBAR
PENGAMATAN
PENILAIAN
PROSES
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/
Semester : 1 1/ I
(satu)
Hari
Tanggal :
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Yang diharapkan
|
Jumlah Skor
|
|||
Percaya Diri
|
Antusias Tinggi
|
Demokratis
|
Tanggungjawab
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor kuantitatif (angka skala 100)
Ø Percaya
Diri
1.
Bertanya dengan
kemauannya sendiri
2.
Tidak canggung
dalam bertanya
3.
Tidak malu saat
tampil di depan kelas
4.
Menikmati proses
pembelajaran dengan nyaman
Ø Antusias
Tinggi
1.
Kemauan belajar
tinggi
2.
Memperhatikan
penjelasan guru
3.
Semangat belajar
tinggi
4.
Memiliki rasa
ingin tahu
Ø Demokratis
1.
Menghargai
pendapat orang lain
2.
Menghargai
pilihan orang lain
3.
Mengedepankan keputusan bersama
4.
Menghargai
kebebasan berpikir orang lain
Ø Tanggungjawab
1.
Tanggungjawab
terhadap apa yang dikatakan
2.
Menyelesaikan
tugas tepat waktu
Skala Penilaian
Nilai
90 – 100 ; memenuhi 4 deskriptor =
A (sangat baik)
Nilai
80 – 90 ; memenuhi 3 deskriptor = B (baik)
Nilai
70 – 80 ; memenuhi 2 deskriptor = C (sedang)
Nilai
60 – 70 ; memenuhi 1 deskriptor = D (kurang)
Nilai
50 – 60 ; tidak memenuhi deskriptor = E (tidak baik)
TERIMA KASIH SUDAH MELIHAT DAN MEMBACA SEMOGA BERMANFAAT
MAHASISWA IAINU KEBUMEN 2015
Komentar
Posting Komentar