Keefektifan Media TTS dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 4 dengan Materi Dhomir
KEEFEKTIFAN MEDIA TTS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 4 DENGAN
MATERI DHOMIR
Tema: Efektifnya sebuah media TTS dalam mata pelajaran Bahasa Arab
kelas 4 dengan materi Dhomir
Disusun untuk memenuhi tugas kuliah mata kuliah Metodologi
Penelitian Pendidikan
Dosen: Nurhidayah, M.Pd.
Disusun oleh:
Rina Deviyanti
NIM 1512701
PGMI V
FAKULTAS TARBIYAH POGRAM STUDI PGMI
INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA KEBUMEN
LATAR BELAKANG
Bismillahirobil’alamin, Alhamdullillahirobil’alamin Wasolatuwasala
mungala asrofil ambiya iwal mursalin wangala alihi wa ashabihi ajmangin
amaba’du robbi srohli sodri wayasirli amri wahlul ngukdatammilisani yafqohu
kauli. Amiiin. Alhamdulillahi was olla robbunaa, ngalaanabiyil mustofaa
khabiibinaa wa aalihii wa sokhbihii wa man qo roo.
Materi Bahasa Arab menurut anak-anak adalah bahasa yang cukup sulit
mereka pahami karena merupakan bahasa yang asing. Padahal bahasa Arab adalah
Bahasa yang paling istimewa, mengapa demikian hal ini karena Allah Ta’ala
berkenan berfirman kepada umatnya dengan bahasa Arab lewat Al-Qur’an Al-Kariem.
Padahal Al-Qur’an itu bukan hanya ditujukan kepada bangsa Arab saja, melainkan
untuk seluruh umat manusia sepanjang zaman. Bahasa Arab berbeda dengan
bahasa-bahasa lain yang menjadi alat komunikasi di kalangan umat manusia. Ragam
keunggulan bahsa Arab begitu banyak. Idealnya, umat Islam mencurahkan
perhatiannya terhadap bahasa ini. Baik dengan mempelajarinyauntuk diri mereka
sendiri ataupun memfasilitasi dan mengarahkan anak-anak untuk tujuan tersebut.
Karena anak-anak sudah mensugesti bahwa bahasa Arab itu cukup sulit
dari segi membaca dan artinya serta dari segi penyampaian mata pelajaran yang
cukup membingungkan, dan berpusat pada buku. Karena hal ini juga yang membuat
anak-anak hanya berfokus atau berpusat pada hasil akhir untuk mendapatkan
hasil nilai yang dituju dengan teknik
menghafal secara keras agar nilainya bagus. Namun hal itu hanya berlaku bagi
anak-anak yang mempunyai kapasitas tinggi, sedangkan di dunia ini setiap anak
memiliki keragamaan dari segi kapasitas hafalan ataupun pemahaman dan proses
pentahapan yang perlahan atau secara sedikit-sedikit bukan secara instan serta
waktu yang digunakan singkat. Hasil belajar anak-anak yang hanya mengandalkan
atau untuk mendapatkan nilai yang bagus, tidak akan bertahan lama atau continue
hal ini karena tujuan yang selama ini sudah tercapai yaitu nilai yang bagus
atau tinggi. Setelah itu anak-anak akan lupa akan materi apa yang telah mereka
pelajari atau dapat.
Padahal jika seorang guru menggunakan media atau metode yang
digunakan sesuai dengan tingkatan belajar dan masa anak-anak yaitu masa bermain
anak, hal ini sangat membantu anak dalam proses belajar anak, pembelajaran ini
sangat menyenangkan karena mereka suka dan bahagia dan bertahan lama. Dengan
ini semua anak dan guru merasa senang pula, apabila metode yang digunakan
bermanfaat dan bersifat continue bagi kehidupannya kelak serta bisa dipakai
pada kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan modal utama untuk bisa memahami
Isi Al-Qur’an walaupun hanya sedikit, sangat bermanfaat bagi anak-anak serta
mendatangkan pahala bagi anak-anak ataupun gurunya bahkan bisa mengalir apabila
anak-anak selalu memakai hasil ilmu yang didapatnya dari gur tersebut.
Hal ini seperti hadits Nabi Muhammad
SAW:
Dan Firman Allah Ta’ala
Artinya: “ Dan sungguh telah kami mudahkan Al-Qur’an untuk
peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”. Surat Al- Qamar
ayat 17.
Serta Firman Allah Ta’ala
Artinya: “Allah Yang Maha Pengasih
(1). Yang Telah Mengajarkan Al-Qur’an(2). Surat Ar- Rahman Ayat 1 dan 2.
Oleh karena itu, dari kondisi ini penulis ingin melihat lebih jauh
tentang bagaimana keefektifan media TTS sebagai media yang menyenangkan dalam
mata pelajaran Bahasa Arab kelas 4 materi Dhomir.
Terima Kasih Sudah Membuka dan Membaca Semoga Bermanfaat
MAHASISWA PGMI 2015 IAINU KEBUMEN
Baca Dulu, Baca Lagi dan Baca Terus
Komentar
Posting Komentar