Keefektifan Media TTS dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 4 dengan Materi Dhomir



KEEFEKTIFAN MEDIA TTS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 4 DENGAN MATERI DHOMIR

Tema: Efektifnya sebuah media TTS dalam mata pelajaran Bahasa Arab kelas 4 dengan materi Dhomir
Disusun untuk memenuhi tugas kuliah mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan
Dosen: Nurhidayah, M.Pd.



 










Disusun oleh:
Rina Deviyanti
NIM 1512701
PGMI V

FAKULTAS TARBIYAH POGRAM STUDI PGMI
INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA KEBUMEN

LATAR BELAKANG

Bismillahirobil’alamin, Alhamdullillahirobil’alamin Wasolatuwasala mungala asrofil ambiya iwal mursalin wangala alihi wa ashabihi ajmangin amaba’du robbi srohli sodri wayasirli amri wahlul ngukdatammilisani yafqohu kauli. Amiiin. Alhamdulillahi was olla robbunaa, ngalaanabiyil mustofaa khabiibinaa wa aalihii wa sokhbihii wa man qo roo.

Materi Bahasa Arab menurut anak-anak adalah bahasa yang cukup sulit mereka pahami karena merupakan bahasa yang asing. Padahal bahasa Arab adalah Bahasa yang paling istimewa, mengapa demikian hal ini karena Allah Ta’ala berkenan berfirman kepada umatnya dengan bahasa Arab lewat Al-Qur’an Al-Kariem. Padahal Al-Qur’an itu bukan hanya ditujukan kepada bangsa Arab saja, melainkan untuk seluruh umat manusia sepanjang zaman. Bahasa Arab berbeda dengan bahasa-bahasa lain yang menjadi alat komunikasi di kalangan umat manusia. Ragam keunggulan bahsa Arab begitu banyak. Idealnya, umat Islam mencurahkan perhatiannya terhadap bahasa ini. Baik dengan mempelajarinyauntuk diri mereka sendiri ataupun memfasilitasi dan mengarahkan anak-anak untuk tujuan tersebut.

Karena anak-anak sudah mensugesti bahwa bahasa Arab itu cukup sulit dari segi membaca dan artinya serta dari segi penyampaian mata pelajaran yang cukup membingungkan, dan berpusat pada buku. Karena hal ini juga yang membuat anak-anak hanya berfokus atau berpusat pada hasil akhir untuk mendapatkan hasil  nilai yang dituju dengan teknik menghafal secara keras agar nilainya bagus. Namun hal itu hanya berlaku bagi anak-anak yang mempunyai kapasitas tinggi, sedangkan di dunia ini setiap anak memiliki keragamaan dari segi kapasitas hafalan ataupun pemahaman dan proses pentahapan yang perlahan atau secara sedikit-sedikit bukan secara instan serta waktu yang digunakan singkat. Hasil belajar anak-anak yang hanya mengandalkan atau untuk mendapatkan nilai yang bagus, tidak akan bertahan lama atau continue hal ini karena tujuan yang selama ini sudah tercapai yaitu nilai yang bagus atau tinggi. Setelah itu anak-anak akan lupa akan materi apa yang telah mereka pelajari atau dapat.

Padahal jika seorang guru menggunakan media atau metode yang digunakan sesuai dengan tingkatan belajar dan masa anak-anak yaitu masa bermain anak, hal ini sangat membantu anak dalam proses belajar anak, pembelajaran ini sangat menyenangkan karena mereka suka dan bahagia dan bertahan lama. Dengan ini semua anak dan guru merasa senang pula, apabila metode yang digunakan bermanfaat dan bersifat continue bagi kehidupannya kelak serta bisa dipakai pada kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan modal utama untuk bisa memahami Isi Al-Qur’an walaupun hanya sedikit, sangat bermanfaat bagi anak-anak serta mendatangkan pahala bagi anak-anak ataupun gurunya bahkan bisa mengalir apabila anak-anak selalu memakai hasil ilmu yang didapatnya dari gur tersebut.
Hal ini seperti hadits Nabi Muhammad SAW:
 


Dan Firman Allah Ta’ala


 


Artinya: “ Dan sungguh telah kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”. Surat Al- Qamar ayat 17.
Serta Firman Allah Ta’ala


 



Artinya: “Allah Yang Maha Pengasih (1). Yang Telah Mengajarkan Al-Qur’an(2). Surat Ar- Rahman Ayat 1 dan 2.
Oleh karena itu, dari kondisi ini penulis ingin melihat lebih jauh tentang bagaimana keefektifan media TTS sebagai media yang menyenangkan dalam mata pelajaran Bahasa Arab kelas 4 materi Dhomir.


Terima Kasih Sudah Membuka dan Membaca Semoga Bermanfaat 

             MAHASISWA PGMI 2015 IAINU KEBUMEN
                   Baca Dulu, Baca Lagi dan Baca Terus 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI DAN MANFAAT MICROTEACHING

Malaikat-Malaikat Alloh SWT dan Tugasnya

Teori Belajar dan Teori pembelajaran Dari Berbagai Sumber