Analisis Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Kelas 5 Semester 1



PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V
Menganalisa dan mengomentari Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Dosen: Faisal, M.Ag


Description: LOGO-IAINU.jpg
 







Disusun oleh:
Rina Deviyanti
1512701
PGMI


FAKULTAS TARBIYAH PROGRAM STUDI PGMI V
INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA (IAINU) KEBUMEN
2017/2018

Judul Buku                  : Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas 5
Penyusun                     : DR. D. Hidayat
Desain Cover              : Azam Fakhri, Bramanto Setiawan
Ilustrasi                       :Triyas Wijayanti
Tata Letak                   :Anggun Saputra, Nadia Afidati, Muslikhun
Penerbit                       :PT. Karya Toha Putra
Jl. Raya Mangkang KM 16 Semarang Telp. (024) 8661185 Fax. (024) 8661077

ANALISIS SK DAN KD
MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V SEMESTER 1

SK
KD
Tahap
berpikir
IndikatorPencapaian Kompetensi
Tahap
berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
AlokasiWaktu
1
2
3
4
5
6
7
8
Menyimak, berbicara, membaca dan menulis tentang غرفة الجلوس dengan pola kalimat dasar yang meliputi ال+  اسم+صفة



















































































Menyimak, berbicara, membaca dan menulis tentang (غرفة المذاكرة dengan pola kalimat dasar yang meliputi ال+اسم+صفة








































































Menyimak, bercakap, membaca dan menulis dalam bahasa Arab tentang حديقة البيتdengan pola kalimat dasar yang meliputi اشارة+ ال+اسم+صفة








































































Menyimak, bercakap, membaca dan menulis dalam bahasa Arab tentang حديقة المدينةdengan pola kalimat dasar yang meliputi اشارة+ ال+اسم+صفة









































































Menyimak, bercakap, membaca dan menulis dalam bahsa Arab tentangالالوان dengan pola kalimat dasar yang meliputi لونsepertiلون السبورة اسود- السبورةلونها اسود-مالون السبورة؟












1.       Menyimak
1.1.Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat) tentang فيغرفة الجلوس
1.2.Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang فيغرفة الجلوس dengan menggunakan pola kalimat yang meliputi(ال+  اسم+صفة
2.       Berbicara
2.1.Melakukan dialog sederhana tentang غرفة الجلوس dengan menggunakan pola kalimat yang meliputiال+  اسم+صفة
2.2.Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentangغرفة الجلوس dengan menggunakan pola kalimat yang meliputi ال+  اسم+صفة
3.       Membaca
3.1.bertanya jawab dengan gambar umum kandungan bahan qira’ah
3.2.membaca materi qira’ah setelah guru
3.3.menirukan bacaan guru per kalimat
3.4.membaca beberapa bagian atau seluruh materi qira’ah sesuai waktu yang tersedia
3.5.menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan bahan qira’ah

4.       Menulis
4.1.Menuliskan huruf Arab yang disediakan
4.2.Menjelaskan cara mengerjakan mengerjakan






























C2












C4











C4










A2














C1










A2




C1


P1










C1









A2






A4

































































       A2
Menyimak
1Menggunakan struktur kalimat
ال+  اسم+صفة                 dengan benar
2. Membandingkan struktur serta makna اشارة + اسم  dan  ال+
  اسم+صفة
3. Menggunakan struktur ال+  اسم+صفة
4. Bertanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat ال+  اسم+صفة
 dan kata tanya هل؟نعم/لا dengan benar.

Berbicara
1. Melafalkan mufradat baru tentang غرفة الجلوس   dengan benar
2. Menyebutkan arti mufradat tentang  غرفة الجلوس dengan benar
3. Melafalkan hiwar tentang  غرفة الجلوس  dengan makhraj serta intonas yang benar
4. Menyebutkan arti setiap ungkapan hiwar dengan benar
5. Memperagakan hiwar secara berpasangan dengan baik dan benar
6.Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.

Membaca
1. Melafalkan bahan qira’ah tentan غرفة الجلوس yang meliputi mufradah dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2.Menerjemah beberapa bagian bahan qira’ah tentang غرفة الجلوس  yang meliputi struktur ال+  اسم+صفة
3.Memilih kata sifat sesuai dengan kandungan qira’ah dengan benar.

Menulis
1.      1. Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar
2.      2. Menjawab pertanyaan yang meliputi struktur ال+  اسم+صفة sesuai gambar yang disediakan
3.      3. Menjawab pertanyaan yang meliputi struktur kalimat yang telah diajarkan.
4.      Menyimak
5.      1. Menggunakan
6.       struktur kalimat غرفة المذاكرdengan benar
7.      2. Bertanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat tersebut dan pertanaan هل/نعمdengan benar
8.      3. Bertanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat tersebut dan pertanyaan هل/لا,ليس

Berbicara
9.      1. Melafalkan mufradat baru tentang غرفة المذاكرة dengan makhraj dan panjang pendek yang benar
2.Menunjukan arti mufradat tentang غرفة المذاكرة dengan benar
3.Melafalkan hiwal tentang غرفة المذاكرة  dengan makhraj serta intonasi yang benar
4.Menunjukan arti setiap ungkapan hiwar dengan benar
5.Memperagakan hiwar secara berpasangan dengan menggunakan gambar
6.Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar

Membaca
1.Melafalkan bahan qira’ah tentang غرفة المذاكرة yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2.Menjawab pertanyaan sesuai dengan kandungan qira’ah dengan benar

Menulis
1.Menulis kalimat-kalimat arab yang diprogramkan dengan baik dan benar
2.Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat sempurna dengan struktur kalimat yang diprogramkan

Menyimak
1.Menggunakna persesuaian dalam struktur kalimat اشارة+ ال+اسم+صفة dengan benar.
2.Bertanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat اشارة+ ال+اسم+صفة dan kata tanya هل؟نعم/لا dengan benar
3.Bertanya jawab dnegan menggunakna struktur kalimat اشارة+اسم dan  اشارة+ ال+اسم+صفة dan kata tanya هل؟نعم/لا dengan benar

Berbicara
1.Melafalkan mufradat baru tentang حديقة البيت dengan makhraj dan panjang pendek yang benar
2.Menyebutkan arti mufradat tentang حديقة البيتdengan benar
3.Melafalkan hiwar tentang حديقة البيتdengan makhraj serta intonasi yang benar
4.Menyebutkan arti setiap ungkapn/kalimat hiwar dengan benar
5.Memperagakan hiwar secara berpasangan dengan baik dan benar
6.Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar

Membaca
1.Melafalkan bahan qira’ah tenatng حديقة البيت  yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2.Memilih kalimat sesuai dengan gambar
3.Menjawab pertanyaan tentsng kandungan qira’ah dengan benar

Menulis
1.Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar
2.Menyusun kata-kata menjadi kalimat dengan struktur kalimat شارة+ ال+اسم+صفة dan tulisan yang benar
3.Menjawab pertanyaan sesuai dengan gambar

Menyimak
1.Menggunakan struktur kalimat اشارة+ ال+اسم+صفة dengan benar
2.Bertanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat اشارة+ ال+اسم+صفة
3.Bertanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat اشارة+ ال+اسم+صفة dan kata tanya هل dengan benar
4.Membandingkan susunan dan makna اشارة+ ال+اسم+صفة dan اشارة+اسم+صفة

Berbicara
1.Melafalkan mufradat baru tentang حديقة المدينةdengan makhraj dan panjang pendek yang benar
2.Menunjukan arti mufradat tentang حديقة المدينةdengan benar
3.Melafalkan hiwar tentang حديقة المدينةdengan makhraj serta intonasi yang benar
4.Menunjukan arti setiap ungkapan hiwar dengan benar
5.Memperagakan hiwar secara berpasangan dengan menggunakan gambar
6.Membaca pelajaran hiwar dnegna intonasi yang baik dan benar

Membaca
1.Melafalkan bahan qira’ah tentang حديقة المدينة  yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang bik dan benar
2.Menjawab pertanyaan sesuai dengan kandungan qira’ah dengan benar

Menulis
1.Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar
2.Menjawab pertanyaan dengan kata tanya هل
3.Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat sempurna

Menyimak
1.Melakukan tanya jawab dengan pertanyaan(.... مالونdengan jawaban لون السبورة....dan السبورة لونها.....dengan benar
2.Menggunakan warna dalma bahasa Arab dengan tepat

Berbicara
1.Melafalkan mufradat baru tentangالالوان dengan makhraj dan panjang pendek yang benar
2.Mencocokan tiap mufradat baru tentang waran dengan bendanya
3.Menunjukan tiap gambar tentang warna yang disediakan dalam bahasa Arab dengan benar
4.Melafalkan hiwar tentangالالوان dengan makhraj serta intonasi yang benar
5.Menyebutkan arti setiap ungkapan/kalimat hiwar dengan benar
6.Memperagakan hiwar secara berpasangan dengan baik dan benar
7.Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar

Membaca
1.Melafalkan bahan qira’ah tentang الالوانyang meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2.Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kandungan bahan qira’ah

Menulis
1.Mengerjakan Imla yang disediakan dengan tulisan yang benar
2. Menjawab pertanyaan tentang warna dengan tulisan yang benar.
4


C3



C4





C3


A2








P1

C1


P1



C1



C3


P1





P1





A3




C4






A2




A2



C3






A2


A2





C1





A1




C1


C1



A5



C1

A1






A2




P4






P2




C3




C4





C4



P1






C1





P1


C1



C3


P1


P1






A3



A2







P1




P2

A3



C3



A2



A2



A2






P1




C2


P1



C2


C3



C1



P1







A2




A2


P2

A2





A2





C3




A4



C2




A2



A4



C1



A5



A4


A4








A2





C4


A2





غرفة الجلوس  ال+  اسم+صفة و





































































غرفة المذاكرة














































































حديقة البيت



































































حديقة المدينة














































































الالوان









(2)
lingkungan sekitar
8 JP















































































































Keterangan:
C = Cognitive             P = Psikomotoric                     A = Afektive
NO
Cognitive
Psikomotoric
Afektive
1
C1 = Mengingat
P1 = Menirukan
A1 = Menerima
2
C2 = Memahami
P2 = Memanipulasi
A2 = Menanggapi
3
C3 = Menerapkan
P3 = Pengamaliahan
A3 = Menilai
4
C4 = Menganalisis
P4 = Artikulasi
A4 = Mengelola
5
C5 = Sintesis

A5 = Menghayati
6
C6 = Evaluasi



Menurut Saya Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ada pada Buku Pelajaran Bahsa Arab Madrasah Ibtidiyah Kelas 5
Sudah meliputi pembagian ranah menurut bloom taksonomi yaitu terbagi menjadi tiga ranah yaitu ranah pengetahuan, psikomotorik dan afektif.
Dari ketiga ranah tersebut apabila seorang guru mampu mengkaitan dengan baik dan secara bertahap indikator pencapaian yang ingin diwujukan akan tercapai dengan baik. Didalam buku ini untuk setiap dars ditampilkan dalma empat komponen, satu dengan yang lainnya saling berkaitan (nazariyyat al-wahdah) contoh pada bgain menyimak didalamnya dikembangkan keterampilan menerapkan qawa’id bahasa Arab agar keterampilan berbicara, membaca dan menulis dapat berfungsi sebagai alat komunikasi yang baik dan benar. PaDA BAGIAN BERbicara juga dikembangkan keterampilan berbicara. Pada bagain membca juga ada pengembangan keterampilan membaca. Dam pada bagian menulisan siswa diajarakan untuk bisa mengembangkan ketrampilan menulis.  Dri semua Indikator yang telah saya baca untuk bagian menyimak, berbicara, membaca dan menulis poin-poinnya sama.
Seperti contoh pada bagian menyimak untuk materi satu sampai lima sebagian besar sama yaitu menggunakan struktur kalimat sesuai materi, membandingkan struktur dengan maknanya, melakukan tanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat yang tadi. Untuk bagian berbicara juga menggunakan beberapa poin yang sama seperti melafalkan mufradat baru, menyebutkan arti mufradat, melafalkan, memperagakan hiwar serta membaca pelajran hiwar. Pada bagian membaca memiliki poin yang sama seperti melafalkan bahan qira’ah, menerjemahkan serta memilih kata sifat. Untuk bagian menulis siswa diajarkan untuk menyalin bahan imla, menjawab pertanyaan yang sesuai dengan struktur kalimat yang telah diajarkan.
Pada bagian Kompetensi Dasar untuk poin menyimak siswa diajarkan untuk mengidentifikasi, menemukan. Pada poin berbicara siswa diajarkan untuk melakukan dialog secara sederhana dan mampu menyampaikan informasi secara sederhana.
Untuk analisis buku pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas 5 cukup bisa membuat saya tahu ranah-ranah yang memang pas untuk anak usia sekolah dasar.

Terima Kasih sudah membuka dan membaca, semoga bermanfaat 
Mahasiswa PGMI 2015 Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen
Baca dulu, baca lagi dan baca terus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI DAN MANFAAT MICROTEACHING

Malaikat-Malaikat Alloh SWT dan Tugasnya

Teori Belajar dan Teori pembelajaran Dari Berbagai Sumber