Analisis Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Kelas 5 Semester 1
PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V
Menganalisa dan mengomentari Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Dosen: Faisal, M.Ag
Disusun oleh:
Rina Deviyanti
1512701
PGMI
FAKULTAS TARBIYAH PROGRAM STUDI PGMI V
INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA (IAINU) KEBUMEN
2017/2018
Judul Buku : Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas
5
Penyusun : DR. D. Hidayat
Desain Cover : Azam Fakhri, Bramanto Setiawan
Ilustrasi :Triyas Wijayanti
Tata Letak :Anggun Saputra, Nadia Afidati, Muslikhun
Penerbit :PT. Karya Toha Putra
Jl. Raya
Mangkang KM 16 Semarang Telp. (024) 8661185 Fax. (024) 8661077
ANALISIS
SK DAN KD
MATA
PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V SEMESTER 1
SK
|
KD
|
Tahap
berpikir
|
IndikatorPencapaian Kompetensi
|
Tahap
berpikir
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
AlokasiWaktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Menyimak,
berbicara, membaca dan menulis tentang غرفة الجلوس dengan pola kalimat dasar yang meliputi ال+ اسم+صفة
Menyimak,
berbicara, membaca dan menulis tentang (غرفة المذاكرة dengan pola kalimat dasar yang meliputi ال+اسم+صفة
Menyimak,
bercakap, membaca dan menulis dalam bahasa Arab tentang حديقة
البيتdengan
pola kalimat dasar yang meliputi اشارة+ ال+اسم+صفة
Menyimak,
bercakap, membaca dan menulis dalam bahasa Arab tentang حديقة
المدينةdengan
pola kalimat dasar yang meliputi اشارة+ ال+اسم+صفة
Menyimak,
bercakap, membaca dan menulis dalam bahsa Arab tentangالالوان dengan
pola kalimat dasar yang meliputi لونsepertiلون
السبورة اسود- السبورةلونها اسود-مالون السبورة؟
|
1.
Menyimak
1.1.Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat) tentang فيغرفة الجلوس
1.2.Menemukan
makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang فيغرفة الجلوس dengan menggunakan pola kalimat yang meliputi(ال+ اسم+صفة
2.
Berbicara
2.1.Melakukan
dialog sederhana tentang غرفة الجلوس dengan menggunakan pola kalimat yang
meliputiال+ اسم+صفة
2.2.Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentangغرفة
الجلوس dengan
menggunakan pola kalimat yang meliputi ال+ اسم+صفة
3.
Membaca
3.1.bertanya
jawab dengan gambar umum kandungan bahan qira’ah
3.2.membaca
materi qira’ah setelah guru
3.3.menirukan
bacaan guru per kalimat
3.4.membaca
beberapa bagian atau seluruh materi qira’ah sesuai waktu yang tersedia
3.5.menjawab
beberapa pertanyaan tentang kandungan bahan qira’ah
4.
Menulis
4.1.Menuliskan
huruf Arab yang disediakan
4.2.Menjelaskan
cara mengerjakan mengerjakan
|
C2
C4
C4
A2
C1
A2
C1
P1
C1
A2
A4
A2
|
Menyimak
1Menggunakan
struktur kalimat
ال+ اسم+صفة
dengan benar
2.
Membandingkan struktur serta makna اشارة +
اسم dan ال+
اسم+صفة
3.
Menggunakan struktur ال+ اسم+صفة
4. Bertanya
jawab dengan menggunakan struktur kalimat ال+ اسم+صفة
dan kata tanya هل؟نعم/لا dengan benar.
Berbicara
1.
Melafalkan mufradat baru tentang غرفة الجلوس dengan benar
2. Menyebutkan
arti mufradat tentang غرفة
الجلوس dengan benar
3.
Melafalkan hiwar tentang غرفة الجلوس dengan makhraj serta intonas yang benar
4.
Menyebutkan arti setiap ungkapan hiwar dengan benar
5.
Memperagakan hiwar secara berpasangan dengan baik dan benar
6.Membaca
pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
Membaca
1. Melafalkan
bahan qira’ah tentan غرفة الجلوس yang meliputi mufradah dan tarkib yang
telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2.Menerjemah
beberapa bagian bahan qira’ah tentang غرفة
الجلوس yang meliputi struktur ال+ اسم+صفة
3.Memilih
kata sifat sesuai dengan kandungan qira’ah dengan benar.
Menulis
1. 1.
Menyalin bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar
2. 2.
Menjawab pertanyaan yang meliputi struktur ال+ اسم+صفة sesuai gambar yang disediakan
3. 3.
Menjawab pertanyaan yang meliputi struktur kalimat yang telah diajarkan.
4. Menyimak
5. 1.
Menggunakan
6. struktur kalimat غرفة
المذاكرdengan
benar
7. 2.
Bertanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat tersebut dan pertanaan هل/نعمdengan benar
8. 3.
Bertanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat tersebut dan pertanyaan هل/لا,ليس
Berbicara
9. 1.
Melafalkan mufradat baru tentang غرفة المذاكرة dengan makhraj dan panjang pendek yang
benar
2.Menunjukan arti mufradat tentang غرفة المذاكرة dengan benar
3.Melafalkan hiwal tentang غرفة
المذاكرة dengan makhraj serta intonasi yang
benar
4.Menunjukan
arti setiap ungkapan hiwar dengan benar
5.Memperagakan
hiwar secara berpasangan dengan menggunakan gambar
6.Membaca
pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar
Membaca
1.Melafalkan
bahan qira’ah tentang غرفة المذاكرة yang meliputi mufradat dan tarkib yang
telah dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2.Menjawab
pertanyaan sesuai dengan kandungan qira’ah dengan benar
Menulis
1.Menulis
kalimat-kalimat arab yang diprogramkan dengan baik dan benar
2.Menyusun
kata-kata acak menjadi kalimat sempurna dengan struktur kalimat yang
diprogramkan
Menyimak
1.Menggunakna
persesuaian dalam struktur kalimat اشارة+ ال+اسم+صفة dengan benar.
2.Bertanya
jawab dengan menggunakan struktur kalimat اشارة+ ال+اسم+صفة dan kata tanya هل؟نعم/لا dengan benar
3.Bertanya
jawab dnegan menggunakna struktur kalimat اشارة+اسم dan اشارة+ ال+اسم+صفة dan kata tanya هل؟نعم/لا dengan benar
Berbicara
1.Melafalkan
mufradat baru tentang حديقة البيت dengan makhraj dan panjang pendek yang
benar
2.Menyebutkan
arti mufradat tentang حديقة البيتdengan benar
3.Melafalkan
hiwar tentang حديقة البيتdengan makhraj serta intonasi yang benar
4.Menyebutkan
arti setiap ungkapn/kalimat hiwar dengan benar
5.Memperagakan
hiwar secara berpasangan dengan baik dan benar
6.Membaca
pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar
Membaca
1.Melafalkan
bahan qira’ah tenatng حديقة البيت yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah
dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2.Memilih
kalimat sesuai dengan gambar
3.Menjawab
pertanyaan tentsng kandungan qira’ah dengan benar
Menulis
1.Menyalin
bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar
2.Menyusun
kata-kata menjadi kalimat dengan struktur kalimat شارة+
ال+اسم+صفة dan
tulisan yang benar
3.Menjawab
pertanyaan sesuai dengan gambar
Menyimak
1.Menggunakan
struktur kalimat اشارة+ ال+اسم+صفة dengan benar
2.Bertanya
jawab dengan menggunakan struktur kalimat اشارة+
ال+اسم+صفة
3.Bertanya
jawab dengan menggunakan struktur kalimat اشارة+
ال+اسم+صفة dan kata
tanya هل dengan benar
4.Membandingkan
susunan dan makna اشارة+ ال+اسم+صفة dan اشارة+اسم+صفة
Berbicara
1.Melafalkan
mufradat baru tentang حديقة المدينةdengan makhraj dan panjang pendek yang benar
2.Menunjukan
arti mufradat tentang حديقة المدينةdengan benar
3.Melafalkan
hiwar tentang حديقة المدينةdengan makhraj serta intonasi yang benar
4.Menunjukan
arti setiap ungkapan hiwar dengan benar
5.Memperagakan
hiwar secara berpasangan dengan menggunakan gambar
6.Membaca
pelajaran hiwar dnegna intonasi yang baik dan benar
Membaca
1.Melafalkan
bahan qira’ah tentang حديقة المدينة yang meliputi mufradat dan tarkib yang telah
dipelajari, dengan makhraj serta intonasi yang bik dan benar
2.Menjawab
pertanyaan sesuai dengan kandungan qira’ah dengan benar
Menulis
1.Menyalin
bahan imla yang disediakan dengan tulisan yang benar
2.Menjawab
pertanyaan dengan kata tanya هل
3.Menyusun
kata-kata acak menjadi kalimat sempurna
Menyimak
1.Melakukan
tanya jawab dengan pertanyaan(.... مالونdengan
jawaban لون
السبورة....dan السبورة لونها.....dengan benar
2.Menggunakan
warna dalma bahasa Arab dengan tepat
Berbicara
1.Melafalkan
mufradat baru tentangالالوان dengan makhraj dan panjang pendek yang benar
2.Mencocokan
tiap mufradat baru tentang waran dengan bendanya
3.Menunjukan
tiap gambar tentang warna yang disediakan dalam bahasa Arab dengan benar
4.Melafalkan
hiwar tentangالالوان dengan makhraj serta intonasi yang benar
5.Menyebutkan
arti setiap ungkapan/kalimat hiwar dengan benar
6.Memperagakan
hiwar secara berpasangan dengan baik dan benar
7.Membaca
pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar
Membaca
1.Melafalkan
bahan qira’ah tentang الالوانyang
meliputi mufradat dan tarkib yang telah dipelajari, dengan makhraj serta
intonasi yang baik dan benar
2.Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang kandungan bahan qira’ah
Menulis
1.Mengerjakan
Imla yang disediakan dengan tulisan yang benar
2.
Menjawab pertanyaan tentang warna dengan tulisan yang benar.
4
|
C3
C4
C3
A2
P1
C1
P1
C1
C3
P1
P1
A3
C4
A2
A2
C3
A2
A2
C1
A1
C1
C1
A5
C1
A1
A2
P4
P2
C3
C4
C4
P1
C1
P1
C1
C3
P1
P1
A3
A2
P1
P2
A3
C3
A2
A2
A2
P1
C2
P1
C2
C3
C1
P1
A2
A2
P2
A2
A2
C3
A4
C2
A2
A4
C1
A5
A4
A4
A2
C4
A2
|
غرفة الجلوس ال+ اسم+صفة و
غرفة المذاكرة
حديقة البيت
حديقة المدينة
الالوان
|
(2)
lingkungan
sekitar
|
8 JP
|
Keterangan:
C = Cognitive P = Psikomotoric A
= Afektive
NO
|
Cognitive
|
Psikomotoric
|
Afektive
|
1
|
C1
= Mengingat
|
P1
= Menirukan
|
A1
= Menerima
|
2
|
C2
= Memahami
|
P2
= Memanipulasi
|
A2
= Menanggapi
|
3
|
C3
= Menerapkan
|
P3
= Pengamaliahan
|
A3
= Menilai
|
4
|
C4
= Menganalisis
|
P4
= Artikulasi
|
A4
= Mengelola
|
5
|
C5
= Sintesis
|
|
A5
= Menghayati
|
6
|
C6
= Evaluasi
|
|
|
Menurut Saya Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ada pada
Buku Pelajaran Bahsa Arab Madrasah Ibtidiyah Kelas 5
Sudah meliputi pembagian ranah menurut bloom taksonomi yaitu
terbagi menjadi tiga ranah yaitu ranah pengetahuan, psikomotorik dan afektif.
Dari ketiga ranah tersebut apabila seorang guru mampu mengkaitan
dengan baik dan secara bertahap indikator pencapaian yang ingin diwujukan akan
tercapai dengan baik. Didalam buku ini untuk setiap dars ditampilkan dalma
empat komponen, satu dengan yang lainnya saling berkaitan (nazariyyat
al-wahdah) contoh pada bgain menyimak didalamnya dikembangkan keterampilan
menerapkan qawa’id bahasa Arab agar keterampilan berbicara, membaca dan menulis
dapat berfungsi sebagai alat komunikasi yang baik dan benar. PaDA BAGIAN
BERbicara juga dikembangkan keterampilan berbicara. Pada bagain membca juga ada
pengembangan keterampilan membaca. Dam pada bagian menulisan siswa diajarakan
untuk bisa mengembangkan ketrampilan menulis.
Dri semua Indikator yang telah saya baca untuk bagian menyimak,
berbicara, membaca dan menulis poin-poinnya sama.
Seperti contoh pada bagian menyimak untuk materi satu sampai lima
sebagian besar sama yaitu menggunakan struktur kalimat sesuai materi,
membandingkan struktur dengan maknanya, melakukan tanya jawab dengan
menggunakan struktur kalimat yang tadi. Untuk bagian berbicara juga menggunakan
beberapa poin yang sama seperti melafalkan mufradat baru, menyebutkan arti
mufradat, melafalkan, memperagakan hiwar serta membaca pelajran hiwar. Pada
bagian membaca memiliki poin yang sama seperti melafalkan bahan qira’ah,
menerjemahkan serta memilih kata sifat. Untuk bagian menulis siswa diajarkan
untuk menyalin bahan imla, menjawab pertanyaan yang sesuai dengan struktur
kalimat yang telah diajarkan.
Pada bagian Kompetensi Dasar untuk poin menyimak siswa diajarkan
untuk mengidentifikasi, menemukan. Pada poin berbicara siswa diajarkan untuk
melakukan dialog secara sederhana dan mampu menyampaikan informasi secara
sederhana.
Untuk analisis buku pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas
5 cukup bisa membuat saya tahu ranah-ranah yang memang pas untuk anak usia
sekolah dasar.
Terima Kasih sudah membuka dan membaca, semoga bermanfaat
Mahasiswa PGMI 2015 Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen
Baca dulu, baca lagi dan baca terus
Komentar
Posting Komentar